Kontak

Selasa, 16 Oktober 2012

WARNA HIJAU WARNA KESUKAAN NABI MUHAMMAD ??

 





Ada banyak hal yang menarik dari warna hijau. Warna hijau identik dengan Islam, identik dengan surga dan bidadari. Tidak ada warna yang lebih banyak disebutkan dalam Al-Qur'an melebihi warna hijau. Allah SWT menggambarkan keadaan penghuni surga dengan pakaian sutera halus berwarna hijau dengan segala kenikmatannya dalam suasana yang penuh keceriaan, kebahagiaan, kenikmatan, dan ketenangan jiwa.
Dalam beberapa keterangan dari Al-Qur’an dan Hadits, bahwa memang Allah mengistimewakan warna hijau, di antaranya:
“Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya.” (QS. Ar-Rahmann : 64)
“Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.” (QS. Al-Kahfi : 31)
Nabi Muhammad saw pun menyukai warna hijau. Annas bin Malik mengatakan, “Warna yang paling disukai oleh Rasulullah saw adalah hijau.”
Lalu apa alasannya Allah mengistimewakan hijau? Saya akan coba paparkan sebagian kecilnya.
Sekarang coba banyangkan dulu, pejamkan mata lalu bayangkan warna hijau!
Sudah? Apa yang terbayang?
Seketika itu juga kita membayangkan segarnya udara pagi dan sejuknya hawa pegunungan bukan?
Warna hijau adalah warna yang langsung mengasosiasikan kita akan pemandangan alam, pada hijaunya pepohonan yang teduh, hijaunya rumput, hamparan sawah.
Warna hijau memberikan kesegaran bagi penglihatan. Keunikan warna hijau tersebut  disebabkan karena medan mata untuk memandang warna hijau lebih kecil daripada medan pandang warna-warna lainnya. Panjang gelombang warna hijau sedang, tidak sepanjang warna merah dan tidak sependek warna biru atau ungu.
Hijau merupakan salah satu dari tiga warna primer additif selain merah dan biru atau sering dikenal dengan RGB (Red Green Blue). Dalam dunia seni lukis warna hijau akan didapat bila mencampurkan kuning dengan biru.
Secara psikologi dan kesehatan, warna hijau menyejukkan saraf, menyegarkan mata dan memberikan efek ketenangan dan kesembuhan. Radiasi hijau memperbaiki semangat tubuh dan jiwa secara cepat dan mengembalikan ritme halus untuk mencapai keseimbangan harmonis tubuh. Oleh karena itu banyak rumah sakit dominan menggunakan warna hijau.
Pada kasus lain papan tulis sekolah modern telah menyadari akan manfaat warna hijau, karena warna hijau mampu menyegarkan mata. Warna hijaupun merupakan isyarat untuk jalan dalam keperluan berlalu-lintas.
Salah satu hal yang tak boleh dilupakan adalah uang. Mengapa uang identik dengan hijau? Dollar Amerika adalah salah satu bukti nyata atas kewarnaannya yang hijau. Mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa ekonomi Amerika begitu maju dan kuat.
Ternyata warna hijau begitu penting dalam kehidupan. Subhanallah, tiada keraguan atas Allah dan Rasulnya. Dan mungkin masih banyak contoh lain tentang keistimewaan hijau.

Jangan bilang yang suka warna hijau itu lumutan, ya !! :P

2 komentar: